Sunday, February 17, 2013

Mulai dari yang Sederhana

Mana yang mudah dilakukan? Bermimpi besar atau memulai langkah awal diluar yang biasa kita lakukan? Mana yang lebih mudah? Melakukan yang biasa kita lakukan atau memulai sebuah langkah radikal untuk sebuah perubahan? Mana yang lebih mudah dilakukan? Berjanji atas sesuatu atau menepati janji yang sudah kita katakan?

Nyatanya, kita terlalu sering fokus dengan hal - hal yang wah, yang besar, yang bombastis dan seterusnya dan kita... lantas buat memulainya kok rasanya susah banget. Pengen jadi pengusaha, tapi ga  berani mulai untuk bikin usaha or setidaknya mikirin ide usaha yang brilian. Or katanya mau hidup sehat tapi buat mulai gaya hidup sehat kok ribet bener dengan berbagai macam alasan. Iya ga? ;) Atau sebut saja apa yang kamu ingin capai.

Nyatanya, sebuah hal besar terjadi setelah melewati hal - hal kecil dan sederhana, bahkan yang mungkin ga pernah kita perhitungkan sebelumnya. Nyatanya, kita sering meremehkan hal - hal kecil yang kita pikir tidak penting, tidak keren, tidak layak dilakukan, atau apalah kita menyebutnya.

Nyatanya kita lebih mudah ingin langsung jadi orang besar tapi cenderung menghindar untuk melalui prosesnya yang kadar harus melalui krikil - krikil kehidupan dulu sebelum akhirnya mencapai mimpi kita. Atau ingin selalu dicintai atau diperhatikan pasangan atau mungkin anak kita tapi susah banget menyediakan waktu buat orang yang kita kasihi atau untuk mendengarkan mereka. Sebaliknya, kita melulu yang mau jadi fokus, hanya kita yang punya masalah, hanya kita yang harus jadi pusat perhatian dan kita menjadi begitu egoisnya.

Coba ingat - ingat. Kapan terakhir kita benar - benar mampu mendengarkan orang lain? Kapan terakhir kita melakukan hal sederhana dan terus melakukannya sampai berhasil? Kapan terakhir kita memperhatikan orang lain, terutama yang kita kasihi tanpa diminta? Kapan terakhir kita bergaya hidup sehat?

Yuk mulai dari hal yang sederhana. Mau hidup sehat? Mulai kurangi kebiasaan negatifmu yang ga sehat (silahkan tentukan sendiri). Mau capai mimpimu? Mulai lakukan tindakan sederhana, seperti menuliskannya (gampang, kan?). Mau dicintai? Mulailah mencintai & memberi diri.

Mulailah hari ini. Sukses ya :)