Monday, February 18, 2013

Berserah itu....

Berserah itu bukan berarti menyerah....
Berserah itu bukan berarti kalah...
Berserah itu bukan berarti tidak berjuang...

Berserah itu meniadakan kendali atas diri saya
Berserah itu berarti merebahkan diri saya dari hak untuk mengendalikan kehidupan
Berserah itu berarti membiarkan Allah bekerja dengan caraNya terhadap saya

Banyak kondisi, kita, lebih tepatnya saya berusaha senantiasa memegang tali kendali atas kehidupan saya, terhadap masa depan saya dan terhadap situasi saat ini. Dan kita begitu rupa merencanakan sesuatu, mengontrol sesuatu dan mengkondisikan sesuatu sesuai dengan apa yang kita inginkan. Tapi apakah itu yang memang benar - benar kita butuhkan?

Maka...
Berserah itu melepaskan diri kita dari kekuatiran
Berserah itu membiarkan Allah memenuhi kebutuhan kita
Berserah itu adalah proses memperbaiki diri tanpa campur tangan ego manusia
Berserah itu berarti ikhlas

Banyak situasi, kita membawa beratnya ransel kehidupan. Kita memasukkan semua yang baik dan buruk. Kita membawa masalah dan beban kita didalamnya. Kita membawa kendali dan pada waktunya kita merasa lelah namun tidak mau melepaskan ransel tersebut dari pundak kita. Lalu kita mengeluh. Lalu kita marah. Lalu kita kecewa. Lalu kita menyalahkan orang lain. Lalu kita menyalahkan Allah.

Maka...
Berserah itu adalah berhenti dari perjalanan yang kita buat
Berserah itu meletakkan ransel kehidupan kita
Berserah itu mengeluarkan banyak bagian kehidupan kita termasuk sampah masalah dan kendali
Berserah itu hanya membawa sedikit beban
Berserah itu adalah menyerahkan beban kepada sang Pencipta dan berjalan beriringan