Thursday, May 16, 2013

Kehilangan Passion?

Apakah kamu kehilangan passion atau mungkin malah belum menemukan passion kehidupan kamu? Pagi - pagi saya mendapatkan pertanyaan sederhana namun membuat (lagi - lagi) saya merenung. Jujurnya... Saya sedang mengalami situasi datar menjalani kehidupan. Semuanya terasa biasa.
Semuanya dilakukan rutin. Dan saya pikir - pikir, tahun ini merupakan tahun kemunduran bagi saya (jujurnya) untuk melakukan banyak hal. Resolusi? Wah apa lagi. Makin saya lihat resolusi yang saya tulis di awal tahun, makin saya tertekan dan tidak mampu melakukan apapun. Walahh. Kalau sudah begini, salah siapa?

Dan ini lucunya lagi. Makin saya banyak berbicara soal passion kepada banyak orang, eh malah saya kok menjadi tersesat bingung passion saya yang sesungguhnya apa. Apakah benar yang saya lakoni sekarang benar - benar passion saya atau sesuatu yang saya mau itu terjadi? Apakah benar pilihan yang saya ambil benar - benar membuat saya keluar dari zona pribadi saya dan menjadi seseorang dengan potensi terbesar saya? Apakah jangan - jangan, ya memang saya kehilangan passion saya? Atau mungkin bukan passion tetapi semangat untuk merealisasikan passion yang saya miliki? Jadi sesungguhnya, apa yang saya kejar?

Saya jadi ingat sebuah novel yang pernah saya baca beberapa tahun lalu karangan Paulo Coelho yang membuka alur berpikir saya tentang passion. Dan.. apa yang tertulis di novel, ya itu yang saya rasakan sekarang. Saya sedang kehilangan semangat menjalankan passion saya. Dan... saya lebih banyak membunuh waktu saya dalam diam dan tidak memikirkan apa - apa.

Dan pagi ini seorang sahabat berkata kepada saya. Kalau kehilangan semangat melakukan passion lo, ya mundur beberapa langkah, beristirahat sebentar dan tidur. Kalau sudah bosan tidur, mulai lagi melihat apa yang akan lo lakukan terhadap passion lo dan berjalanlah lebih cepat dari sebelumnya.

Simpel namun mudahkan untuk dijalankan? Saya bertanya kepada diri saya sendiri.