Friday, March 1, 2013

What is Our Signature?

Beberapa hari lalu saya terlibat sebuah diskusi yang dalam dengan pribadi yang istimewa bagi saya. Dari percakapan sederhana dan santai lalu sampai kepada sebuah issue: signature yang notabene sebenarnya kami sedang berdiskusi tentang budaya organisasi. Lalu sampailah kepada pertanyaan begini: "warisan apa yang akan kita tinggalkan bagi anak - anak kita dan pemimpin kita di organisasi?"

Maka saya, yang terlalu sering berpikir dan sangat reflektif mulai merenung. Apa yang sesungguhnya ingin saya wariskan bagi generasi saya? Seperti apa saya ingin dikenal? Label seperti apa yang akan diberikan kepada usaha yang saya bangun, organisasinya, pemimpin dan orang - orang didalamnya?

Dan ketika saya menanyakan hal itu kepada diri saya, ternyata saya memang banyak maunya. Seperti halnya organisasi. Mau begini, mau itu. Mau dikenal seperti ini dan seperti itu trus malah kehilangan identitas yang hakiki. Dan sampai saya menulis ini, saya belum benar - benar mendapat jawaban yang sangat spesifik didalam jiwa saya.

Maka bila saya bertanya kepada Anda, "apa yang ingin anda wariskan? Seperti apa Anda ingin dikenal?.... sudah tahu jawabannya?