Friday, May 27, 2011

Ilmu kutu

Pernah melihat kutu? Apakah Anda tahu bagaimana perilaku kutu?
Kutu rambut, kutu anjing, kutu kucing, atau kutu manusia?
Pernah bayangkan tidak seberapa terganggunya kita dengan kehadiran kutu - kutu tersebut?
Sebut saja kutu anjing dan bayangkan tubuh si anjing akibat si kutu-kutu tersebut. Bayangkan juga berapa banyak luka akibat si kutu tersebut? Anda terganggu kehadirannya, merasa gerah dengan kehadirannya namun juga butuh ekstra usaha supaya si kutu - kutu tersebut hilang dari kehidupan Anda.

Dan aku membayangkan kehidupanku sendiri. Berapa banyak kutu - kutu kehidupan hadir dalam setiap jejaknya langkah yang aku lalui. Entah itu pekerjaan, usaha, keluarga, teman, pacar, rekanan sampai dengan pengalaman masa lalu kita. Mungkin ada kutu - kutu yang baik, yang menjaga kenyamanan hidup kita terapi yang aku tekankan disini adalah si kutu - kutu jahat yang menggerogoti kehidupan dan jiwa kita. Ia merasuki perasaan kita dengan gambaran - gambaran negatif tentang diri kita sehingga tanpa sadar kita merasa bersalah dan hanya berjalan ditempat tanpa melewati tembok. Mungkin Anda punya pasangan yang hanya senang mengeluh atau selalu komplain dengan apa yang Anda lakukan. Hati - hati saja. Apa yang Ia ucapkan, kemungkinan besar akan benar - benar Anda simpan dalam jiwa Anda dan merasuki perilaku Anda.

Dan kenyataannya, kita tidak bisa memilih supaya orang lain berubah menjadi positif. Tapi yang bisa kita lakukan adalah memilih kutu - kutu yang baik untuk menjaga jiwa kita.

Akan bersambung : ilmu kutu selanjutnya