Tuesday, January 1, 2013

Konsekuensi Sebuah Pilihan

Pernah dihadapkan oleh situasi tertentu yang memaksa kita harus menentukan pilihan? Saya yakin semua pernah. Apakah pilihan itu mudah ataupun sangat sulit. Dan kadang kala kita dihadapkan oleh sebuah situasi dimana pilihan - pilihan yang ada begitu rumit untuk kita putuskan. Karena kita tidak tahu apakah pilihan itu merupakan keputusan yang terbaik atau malah kebalikannya.

Entah memilih atau tidak memilih sama sekali, sama - sama mengandung keputusan. Dan setiap keputusan itu memiliki konsekuensi, baik keputusan yang memang sudah kita pilih atau bahkan ketika kita tidak memilih sama sekali.

Awal tahun yang sangat menantang bukan? :)

Saya sendiri pada beberapa situasi membuat saya harus memilih antara beberapa pilihan kemungkinan - kemungkinan yang ada. Dan saya sendiri juga tidak tahu apakah keputusan atas pilihan saya merupakan yang terbaik atau tidak (bahkan ketika saya menggunakan logika dan perasaan saya, saya belum yakin akan jawabannya :p).

Dan seperti orangtua bilang. Setiap pilihan pasti ada konsekuensinya, baik dan kurang baik. Mungkin baik buat kepentingan perasaan, namun kurang baik menurut logika dan sebaliknya. Dan memang tidak ada yang sungguh - sungguh absolut. Tidak ada yang hitam dan putih.

Lalu wajarkah ragu - ragu membuat pilihan? Ya wajar saja. Toh namanya manusia. Kita ingin yang terbaik, termulia, terhebat, terbijaksana dan ter yang lainnya. Namun ya hidup itu warna warni. Penuh dengan pilihan.

Maka misalnya saya memilih untuk berperilaku tertentu, maka saya harus menanggung setiap konsekuensi yang ada. Kalau saya kemudian mencintai seseorang atau sesuatu, ya setiap konsekuensi yang baik atau kurang baik sekalipun harus diterima. Toh itu sudah satu paket. Atau ketika saya memilih sebuah pekerjaan, investasi baru, bisnis baru dan seterusnya, semua ada konsekuensinya. Yang penting dijalani saja yang terbaik. Sisanya, biar alam yang mengatur untuk mencapai titik ekuilibriumnya.

Lalu mengapa mesti rumit? Sederhana saja. Termasuk menyederhanakan pemikiran - pemikiran saya yang kadang begitu kompleks, bahkan untuk saya jawab sendiri.

Pilihan apa yang kamu buat hari ini?