Wednesday, July 27, 2011

Apakah anda bekerja dengan cinta hari ini?

Apakah anda bekerja dengan cinta atau karena tuntutan kehidupan? Kalimat tersebut adalah kutipan yang saya dengar pagi ini dari sebuah siaran di radio.

Bukankah banyak dari kita seperti dalam situasi seperti ini? Kita tidak menyukai pekerjaan yang kita lakukan, kita komplain karena pekerjaan yang tidak jelas, bos yang menyebalkan dan tidak memegang komitmen, kantor yang jauh dan sebagainya. Namun kita masih juga melakukan pekerjaan tersebut karena dengan satu alasan.
Tuntutan kehidupan: makan, pakaian, tempat tinggal, membesarkan anak dan seterusnya hingga saat kita menyadari kita tidak kemana - mana selain uang yang kita bawa kerumah setiap bulannya untuk memenuhi tuntutan fisik.

Saya juga meski alasannya mengejar karir dan perbaikan kehidupan, lalu selanjutnya apa? Apakah dengan apa yang saya miliki, saya membantu kehidupan orang untuk menjadi lebih baik? Apakah dunia menjadi lebih baik? Saya, ya saya sendiri, melakukan pekerjaan saya karena tanggung jawab. Karena saya dibayar dan seterusnya.

Saya ingat pernyataan seorang sahabat bagaimana ia begitu ingin menjadi jurnalis, berada di negara yang sedang mengalami peperangan atau menjadi tim relawan yang tempat - tempat yang mengalami bencana. Namun faktanya, ia tidak kemana - mana. Ia masih berada di dunia kerjanya, berkutat dengan dokumen dan komplain terhadap manajemen.

Sedangkan sahabat saya yang satu lagi, meninggalkan kenyamanan yang ia terima dari posisi puncaknya lalu pergi ke negara ketiga untuk membangun layanan kesehatan dan mengajar karena cintanya untuk kehidupan yang lebih baik.

Saya? Mungkin masih berusaha setia atas panggilan yang ditanamkan di hati saya. Dan saya harus setia melalui proses yang seringkali tidak mengenakkan atas banyak faktor: finansial, keluarga, teman dan banyak lagi. Ketika masih bekerja, saya bisa sangat nyaman untuk mengeluarkan uang. Sekarang saya menahan diri untuk tidak membeli yang benar - benar saya perlukan. Supaya bisa memberi kehidupan yang lebih baik. Namun saya berbahagia.

Bagaimana dengan anda?

Apakah anda bekerja dengan cinta atau tuntutan kehidupan untuk diakui orang lain?

Semua adalah pilihan anda sendiri.