Friday, August 26, 2011

Menyelesaikan Tugas Kita

Ketika saya kembali membuka blog ini dan melihat apa yang tertera disalah satu bagian, tanpa sadar ternyata saya lupa akan sesuatu. Saya lupa menyelesaikan beberapa bagian yang harusnya saya selesaikan dan semestinya sudah sempurna jauh - jauh hari sebelum hari ini. Saya lupa menyelesaikan beberapa hal yang sudah saya mulai beberapa waktu yang lalu. Saya memulainya, namun tidak menyelesaikannya.

Seberapa sering kita bermimpi akan sesuatu, ingin menjadi sesuatu? Kita memulainya dengan gairah, berjalan sebentar dengan tergesa - gesa namun lupa atau sengaja melupakan untuk menyelesaikannya? Dan saya ingat sekali sering saya berkata kepada banyak orang "selesaikan apa yang anda mulai" namun saya sendiri tidak menyelesaikannya. Dan saya pikir, saya jadi terlalu menjadi manusia naif seperti nabi - nabi atau motivator yang mengatakan berilah maaf dan lupakanlah namun mereka sendiri tidak melakukannya.

Jadilah saya malu terhadap diri saya sendiri. Kembali saya membuka catatan - catatan saya, mencari tahu dan mengingat kembali apa yang telah saya mulai dan mencatatnya kembali, mulai dari nol. Lagi, saya mulai berusaha untuk menyelesaikan apa yang telah saya mulai dan ternyata begitu banyak yang benar - benar belum saya selesaikan sama sekali. Gosh! Jadilah saya merenung. Jangan - jangan saya mulai mengarah menjadi seorang "day dreamer". Bermimpi banyak namun sedikit yang dilakukan. Glek!

Berapa banyak mimpi anda? Berapa banyak yang sudah anda selesaikan atau setidaknya sedang anda kerjakan? Atau mungkin anda hanya bermimpi saja lalu setelah itu anda kubur rapat - rapat dalam buku yang terselip dan andapun tidak tahu dimana tempatnya dan anda berjalan saja dengan rutinitas yang membosankan atas nama pekerjaan yang mengenyangkan perut anda?

Dan saya berkata dalam hati, saya akan menyelesaikannya. Mungkin tidak mudah, tapi saya akan melakukannya satu demi satu. Menyelesaikan mimpi - mimpi yang Sang Khalik taruh didalam hati saya dan itu adalah tugas saya sebagai pengembara di bumi ini. Mari kita selesaikan tugas kita masing - masing dengan rasa hormat dan meletakkannya sebagai persembahan yang agung bila bukan yang terbaik atas pernghargaan yang diberikan Sang Khalik kepada kita.

Sudahkah Kita menyelesaikan Tugas kita? Anda yang mampu menjawabnya.